Pemakaian Soft Lens: Aman atau Tidak?

Lensa kontaklunak (soft lens) adalah bahan bening tipis seperti plastik lunak yang berbentuk seperti mangkok dan dapat dipasang menempel pada kornea untuk membantu koreksi tajam pengelihatan. Dampak dari pemakian lensa kontak adalah gambar yang dihasilkan lebih tajam karena menempel langsung di kornea.

Melihat adanya manfaat yang menguntungkan dari pemakaian lensa kontak maka penggunaan lensa kontak banyak dilirik untuk menggantikan pemakaian kacamata. Pemakaian lensa kontak terlalu lama (lebih dari 6 jam) dapat menimbulkan kornea bengkak/edem, dan dapat berakibat kornea mudah tergores. Selain itu pemakaian lensa kontak juga dapat mengakibatkan iritasi, alergi, trauma/tergores, dan infeksi pada kornea apabila ada kombinasi kuman. Sebagian pemakai lensa kontak mengalami endapan protein (yang berasal dari air mata) dan menempel di permukaan lensa kontak sehingga menimbulkan permukaan kornea menjadi tidak licin. Selain itu, beberapa pemakai lensa kontak juga mengalami alergi akibat pemakaian cairan pembersih lensa kontak.

Ciri yang dialami apabila terjadi iritasi, inflamasi atau infeksi akibat pemakaian lensa kontak antara lain adalah mata merah, berair, sakit saat pengangkatan lensa kontak, silau, kabur, dan perasaan tidak nyaman di mata setelah lensa kontak terpasang. Jika dijumpai tanda-tanda tersebut maka sebaiknya segera hentikan pemakaian lensa kontak, dan segara periksa ke dokter mata terdekat.

Cara pencegahan timbulnya komplikasi:

  1. Harus mengikuti petunjuk dokter, petugas optik atau mengikuti aturan pakai,
  2. Jangan membersihkan lensa kontak dengan air kran/air sumur,
  3. Jangan memakai lensa kontak saat mandi dan berenang atau pengguna lensa kontak harus memakai kaca mata renang kedap air. Setelah aktivitas selesai harus dibersihkan dahulu sebelum dipakai kembali.
  4. Cuci tangan sebelum memasang dan melepas lensa kontak.
  5. Setiap malam lakukan pembersihan dan dis-infeksi lensa kontak.
  6. Apabila lensa kontak dipakai serasa tidak nyaman sebaiknya ganti yang baru.

“Jika Anda pengguna lensa kontak dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya periksakan mata setiap 6 bulan sekali untuk menjaga agar mata Anda selalu sehat”.