Kenali Gejala Mata Kering (Dry Eye)

Mata kering (Dry Eye) terjadi pada orang dengan produksi lapisan air mata tidak seimbang baik kualitas maupun kuantitasnya. Fungsi lapisan air mata akan memberikan pelumasan di permukaan bola mata, sehingga menjadi jernih dan licin, maka orang dapat melihat dengan nyaman.

Gejala dan keluhan mata kering:

- mata terasa kering, gatal, panas,merah, pedih dan mudah berair (brebes)

- mata lengket, mengeluarkan kotoran berlendir, ada sensasi seperti kelilipan benda asing

- mata menjadi lebih sensitif terhadap asap rokok, terhadap panasnya matahari, angin dan sensitif di ruang ber-AC

- mata mudah lelah jika untuk membaca, melihat TV atau di depan komputer

- mata sering terasa kabur terutama di pagi dan sore hari, dan akan menjadi lebih jelas setelah berkedip.

Apabila Anda merasakan gejala diatas lebih dari 3 bulan maka dapat dipastikan menderita mata kering. Terapi atau penanganan yang tepat masing-masing orang berbeda. Oleh sebab itu dokter mata perlu melakukan pemeriksaan dengan tepat.

Pengobatan mata kering dilakukan apabila keluhan seperti diatas mengganggu Anda. Anda harus menyadari bahwa keadaan mata kering merupakan penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat diatasi gejalanya. Penanganan yang tepat sangat tergantung dengan penyebabnya. Misal perlu menggunakan kaca mata pelindung ketika berada di tempat beriklim panas atau menghindari hal-hal yang telah diterangkan diatas. Pada umumnya dokter mata akan memberikan tetes mata yang akan membantu mengurangi gejala-gejala diatas.