Ulkus Kornea Akibat Penggunaan Lensa Kontak yang Tidak Sesuai Anjuran

Lensa kontak dewasa ini mengalami peningkatan popularitas yang pesat, bukan saja dalam hal kelainan refraksi tetapi juga untuk keperluan mode. Pemakaian lensa kontak yang tidak sesuai anjuran berisiko menyebabkan infeksi pada mata, terutama kornea. Seiring dengan peningkatan penggunaan lensa kontak, peningkatan insidens kejadian ulkus kornea pun semakin meningkat. Kelsy et al. pada tahun 2017 melaporkan bahwa insidensi infiltrat kornea simtomatik akibat penggunaan lensa kontak lama berkisar 2,5-6%. Temuan ini lebih tinggi dibandingkan laporan 10 tahun lalu oleh Stapleton et al. yaitu angka kejadian infiltrat kornea simtomatik paling tinggi 3,3%.
Penggunaan lensa kontak merupakan faktor risiko paling sering untuk ulkus kornea di negara berkembang. Gejala klinis yang ditimbulkan beragam, mulai dari mata merah, mata gatal, mata berair, sensasi perih atau menyengat pada mata, adanya nanah pada mata, pandangan menjadi kabur, sakit saat melihat lampu terang, dan kelopak mata membengkak. Ulkus kornea terlihat seperti titik berwarna abu-abu/putih pada kornea. Jika hal ini terus berlanjut, dapat mengakibatkan endoftalmitis.


Untuk mencegah terjadinya ulkus kornea akibat lensa kontak, perhatikan hal-hal berikut :
LAKUKAN    
1.Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh lensa kontak
2.Periksa dan pastikan lensa kontak dalam keadaan bersih dan tanpa kerusakan
3.Gunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan lensa kontak
4.Lepaskan lensa kontak segera bila mata terasa tidak nyaman, merah, dan berair secara berlebihan
5.Periksakan kesehatan mata secara rutin dan ikuti petunjuk dokter
HINDARI
1.Menyentuh lensa kontak dengan kuku atau dengan alat untuk melepas lensa dari tempatnya, kecuali dengan alat yang memang spesifik diindikasikan untuk melepas lensa kontak tersebut
2.Menggunakan lensa kontak yang rusak atau lensa kontak yang kemasannya sudah terbuka/ tidak tersegel
3.Menggunakan lensa kontak yang sudah melewati batas kadaluarsa
4.Mandi atau berenang menggunakan lensa kontak karena berisiko memicu infeksi mata