Toric IOL untuk Memperbaiki Katarak dan Astigmatisme

Toric IOL merupakan jenis lensa tanam intraokular (IOL) premium yang bertujuan memperbaiki astigmatisme (silinder) pada operasi katarak. Hampir satu dari tiga orang yang merupakan kandidat untuk operasi katarak memiliki setidaknya 1 dioptri (D) silinder, yang menyebabkan penglihatan yang kabur tanpa kacamata atau lensa kontak. Saat ini hasil yang diharapkan setelah operasi katarak tidak hanya penglihatan yang lebih jelas dibandingkan sebelum operasi. Silinder yang tidak terkoreksi setelah operasi katarak dapat menyebabkan keluhan buram, memerlukan kacamata untuk melihat lebih jelas dan kemudian menyebabkan ketidakpuasan pasien setelah operasi. Operasi katarak dengan pemasangan toric IOL adalah cara yang efektif dan aman untuk menangani katarak dan silinder secara bersamaan.

Sejalan dengan kemajuan teknologi, RS Mata “Dr.YAP” menyediakan berbagai variasi toric IOL sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mata pasien, yaitu monofokal toric dan multifokal toric. Lensa monofokal toric dapat memperbaiki silinder dan meningkatkan penglihatan jauh. Untuk penglihatan dekat seperti membaca dan menulis, Anda mungkin masih memerlukan bantuan kacamata. Jenis toric IOL yang berikutnya, yaitu multifokal toric, adalah teknologi tercanggih untuk IOL refraktif dan dibuat secara eksklusif dan personal. Lensa multifokal toric memiliki kelebihan dapat mengoreksi penglihatan untuk jarak dekat, intermediate, dan penglihatan jarak jauh. Lensa yang dirancang secara presisi ini mampu memberikan penglihatan jauh, sedang, dan dekat yang hebat, sehingga dapat membebaskan pasien dari penggunaan kaca mata setelah operasi katarak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lensa toric menghasilkan hasil visual yang sangat baik setelah operasi katarak dan dapat memperbaiki silinder lebih efektif daripada metode terdahulu. Satu penelitian menemukan bahwa 94% mata silinder yang ditanam lensa toric memiliki sisa silinder kurang dari 0,5 D dan 98% memiliki sisa silinder kurang dari 0,75 D setelah operasi. Hasil ini memungkinkan orang melihat dengan baik tanpa kacamata atau lensa kontak. Mayoritas pasien yang operasi dengan toric IOL sangat puas dengan penglihatan mereka setelah operasi. Penelitian menemukan 92% pasien melaporkan tidak ada kesulitan dengan mengemudi di malam hari tanpa kacamata 6 bulan setelah operasi, dan 97% pasien yang menerima toric IOL akan memilih IOL yang sama untuk ditanamkan lagi.

Toric IOL yang merupakan lensa premium menjadi sebuah pilihan terbaik bagi Anda yang menderita katarak dan astigmatisme (silinder). Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan mengetahui prosedur serta IOL yang sesuai dengan kondisi mata, Anda dapat melakukan konsultasi secara langsung kepada dokter RS Mata “Dr.YAP” Yogyakarta.