Sosialisasi & Simulasi HDP untuk Siaga Bencana

Yogyakarta, 7 Mei 2018 – RS Mata “Dr.YAP” mengadakan sosialisasi & simulasi Hospital Disaster Plan (HDP) sebagai sikap kesiagaan terhadap bencana. Kegiatan terbagi 2 hari yaitu hari Selasa 1 Mei 2018 dan Minggu 7 Mei 2018 yang diikuti oleh seluruh staf rumah sakit, outsourching, tenant dan Direksi RS Mata “Dr.YAP”.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB di ruang Aula RS Mata “Dr.YAP”. Sosialisasi hari pertama diawali dengan sambutan Wakil Direktur Pelayanan & Pendidikan dr.Rastri Paramita, Sp.M selanjutnya pada hari kedua sambutan oleh Direktur RS Mata “Dr.YAP” dr.Eny Tjahyani Permatasari, Sp.M., M.Kes. Sosialisasi materi HDP disampaikan oleh dr.Muhammad Brian Ristanto yang menjelaskan tentang prosedur pengaktifan HDP, pembagian tugas berdasarkan unitnya masing-masing dan penjelasan terkait teknis di lapangan.

Sesi simulasi seluruh peserta berperan di unitnya masing-masing seperti saat jam kerja. Beberapa staf yang ditunjuk memerankan sebagai korban, relawan dan wartawan. Tujuan kegiatan ini agar seluruh peserta memahami dan mempraktekan perannya di HDP dan untuk menguji sistem HDP sehingga jika ada bencana sistem HDP sudah mampu untuk diaplikasikan. Kegiatan ini bekerjasama dengan BPBD DIY dan berjalan sukses. (Humas RS Mata “Dr.YAP”)