Kunjungan Tim Direktorat Jenderal Kebudayaan ke RS Mata “Dr.YAP” Dalam Rangka Peninjauan Bangunan Cagar Budaya

Yogyakarta, 27 Agustus 2018 – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan mengunjungi RS Mata “Dr.YAP” tanggal 25 Agustus 2018. Kunjungan Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman melakukan pendataan dan pengkajian berkas penetapan Cagar Budaya di RS Mata “Dr.YAP”. Hal itu sebagai salah satu prosedur yang harus ditempuh sebagaimana tercantum dalam Undang-Undan Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Sebagaimana diketahui RS Mata “Dr.YAP” merupakan bangunan peninggalan sejarah masa pemerintahan Belanda yang dibangun oleh Dr.Yap Hong Tjoen tanggal 29 Mei 1923. Tujuan Dr.Yap Hong Tjoen mendirikan RS ini untuk menolong masyarakat yang menderita penyakit mata dan rehabilitas penderita kebutaan.

Jajaran Direksi diwakili oleh dr.Rastri Paramita, Sp.M beserta perwakilan unit terkait mendampingi proses pendataan. Pertama dilakukan kegiatan pendataan dan kajian berkas serta interview dengan tim RS. Dalam interview Tim TACBN menanyakan tentang sejarah pendirian, kondisi bangunan dan tokoh-tokoh dibalik berdirinya RS Mata “Dr.YAP”. Kegiatan selanjutnya Tim RS bersama Tim TACBN meninjau sekaligus pemotretan lingkungan RS antara lain Museum RS Mata “Dr.YAP”, ruang Lasik, ruang pemeriksaan, halaman, bangunan depan RS, dan lainnya. (Hukmas RS Mata “Dr.YAP”)