Jalan Sehat Gembira dan pemeriksaan Mata Gratis RS Mata “Dr.YAP” Bekerjasama dengan Bank Mata Yogyakarta

Yogyakarta, 28 Oktober 2018 - RS Mata “Dr.YAP” mengadakan perayaan world sight day yang jatuh pada hari Kamis minggu ke dua Bulan Oktober. Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama RS Mata “Dr.YAP” dengan Bank Mata Cabang Yogyakarta. Kegiatan Jalan Sehat Gembira diikuti kurang lebih 300 peserta yang berasal dari warga sekitar, calon donor mata, anggota Bank Mata Yogyakarta, dan Karyawan RS Mata “Dr.YAP”. Rangkaian Jalan Sehat Gembira dimulai dari pukul 05.30 untuk registrasi peserta dan pembukaan acara yang dilakukan oleh Gusti Prabukusumo sebagai Ketua Yayasan Yap Prawirohusodo di halaman RS Mata “Dr.YAP”.

Rute jalan sehat yang dilalui adalah Jl. Cik Di Tiro belok kiri melewati bundaran UGM, belok kiri menuju Jl. Simanjuntak dan berakhir di ruko Yap Square. Sebelum peserta jalan sehat memasuki area Yap Square peserta akan mengikuti walking in the dark. Masing-masing peserta akan diberikan kain penutup mata oleh panitia dan berjalan bersama orang yang memiliki keterbatasan pengelihatan (tunanetra) dari Mardiwuto. Kegiatan ini bertujuan agar seluruh peserta mengharagai pengelihatannya dan dapat menjaga kesehatan matanya.

 

Sesampainya di halaman ruko Yap Square peserta diajak mengikuti senam zumba dan maumere. Tidak hanya itu saja, dalam kegiatan jalan sehat gembira ini juga ada talkshow mengenai Pencegahan Masalah Kesehatan Mata pada Usia Produktif yang disampaiakn oleh dr. Mufida Nurhayati, Sp.M dari RS Mata “Dr.YAP” dan dr. Tri Winarti dari Bank Mata Yogyakarta.

Peserta juga dapat mengikuti pemeriksaan kesehatan mata dan pemeriksaan gula darah gratis dalam kegiatan ini. Sejumlah 72 peserta mendaftar dalam pemeriksaan mata dan gula darah gratis. RS Mata “Dr.YAP” juga memberikan fasilitas kepada peserta yang ingin mengetahui tentang informasi gizi melalui konsultasi gizi gratis dengan petugas Gizi RS Mata “Dr.YAP”.

Peserta pada kegiatan ini sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Hal tersebut dapat terlihat dari antrian pemeriksaan peserta yang memanjang, dan antusiasme peserta dalam menyimak dan bertanya dalam talkshow hingga pembagian dorprize berakhir. (Hukmas RS Mata “Dr.YAP”)