RS Mata “Dr.YAP” Ajak Media Untuk Mempromosikan Pencegahan Glaukoma ke Masyarakat

Yogyakarta, 15 Maret 2019 - Membuka rangkaian kegiatan World Glaukoma Week (WGW) 2019, RS Mata "Dr.YAP" mengundang para jurnalis dari media cetak maupun elektronik dalam jumpa pers, Jumat, 15 Maret 2019 di Ruang Komite Medis RS Mata "Dr.YAP". Jumpa pers ini dihadiri oleh Wakil Direktur Bidang Pelayanan dan Pendidikan RS Mata “Dr.YAP” dr. Rastri Paramita, Sp.M. yang juga dokter subspesialis oftalmologi komunitas; Ketua Panitia WGW 2019 RS Mata "Dr.YAP" dr. Erin Arsianti, Sp.M., M.Sc., M.P.H; dan Dr. dr. Retno Ekantini, Sp.M(K)., M.Kes. Keduanya adalah dokter subspesialis glaukoma.

Dalam sambutannya, dr. Rastri Paramita, Sp.M. mengajak media untuk ikut ambil bagian dalam mempromosikan pencegahan penyakit glaukoma ke masyarakat. Pasalnya, glaukoma masih terdengar asing padahal memiliki dampak yang fatal, yaitu kebutaan permanen. Dr. dr. Retno Ekantini, Sp.M(K)., M.Kes. menambahkan, bahwa yang membuat glaukoma berbahaya adalah gejalanya yang sering tidak diketahui bahkan tidak terasa. Bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat pada pencegahan penyakit glaukoma, RS Mata "Dr.YAP" membuat berbagai acara dalam rangkaian WGW 2019, seperti yang disampaikan dr. Erin Arsianti, Sp.M., M.Sc., M.P.H.

Rangkaian acara akan diawali pelatihan deteksi dini glaukoma dan deteksi dini glaukoma oleh para kader posyandu dari puskesmas binaan RS Mata “Dr.YAP”. Puncak kegiatan WGW 2019 RS Mata "Dr.YAP" akan dilaksanakan pada Minggu, 24 Maret 2019 mulai pukul 7 pagi. RS Mata "Dr.YAP" akan mengadakan senam pagi bersama, live talkshow yang menampilkan dokter subspesialis glaukoma dan pasien glaukoma, kompetisi video pendek, dan pemeriksaan mata gratis bagi 150 orang. Acara ini terbuka untuk umum. (Humas RS Mata “Dr.YAP”)