Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo Gelar Syawalan

Yogyakarta, 19 Juni 2019 - Bertempat di Aula RS Mata “Dr.YAP”, Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo menggelar syawalan, Selasa (18/6) siang. Acara ini dihadiri oleh Ketua Pembina Yayasan KPH Indrokusumo, Ketua Yayasan GBPH Prabukusumo beserta anggota, direksi RS Mata “Dr.YAP", tamu undangan, staf medis, pensiunan, dan karyawan Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo.

Dibuka dengan pelantunan ayat suci Al-Qur’an, acara syawalan dilanjutkan sambutan yang disampaikan ketua yayasan. Dalam kesempatan tersebut, GBPH Prabukusumo menyebut agenda yang dihelat pertama-tama sebagai ajang silaturahmi. Memanfaatkan momen Hari Raya Idul Fitri, semua yang hadir diminta untuk saling berjabat tangan sambil memberi maaf. Bagi pria yang akrab disapa Gusti Prabu ini, syawalan sangat tepat jika dimaknai sebagai saat untuk menghargai keberagaman. Perbedaan agama, tradisi, pakaian adat, ras serta suku adalah anugrah dan tujuan mulia Tuhan bagi umat-Nya.

“Jangan keberagaman membuat kita gontok-gontokan,” jelas beliau.

Setelah saling memaafkan, Gusti Prabu mengajak seluruh sivitas Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo untuk mengamalkan ajaran yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Berpikir kreatif merupakan salah satunya, terutama dalam bekerja. Bagi beliau, yayasan akan berkembang jika dikelola oleh orang-orang kreatif. Selain itu, tiap individu didorong untuk memiliki etos kerja tinggi.

“Bekerja keras, kerja cerdas, dan totalitas kerja. Di atas langit masih ada langit, mari kita capai langit yang tertinggi!” ungkap beliau menutup sambutan.

Acara dilanjutkan dengan siraman rohani yang dibawakan oleh dr. Agus Taufiqurrohman, M.Kes., Sp.S. Beliau menyorot dua hal yang dapat membuat kehidupan manusia jadi lebih bermanfaat, yaitu menjalin relasi sosial serta menjadi pribadi yang menjunjung tinggi kejujuran. Bagi beliau, di era digital seperti sekarang kedua hal ini makin sulit dilakukan. Namun, justru akan menjadi tantangan bagi siapa saja yang ingin hidupnya berguna bagi orang lain.

Agenda syawalan dilanjutkan dengan halal bihalal, dimana hadirin bersalaman sambil saling memaafkan. Setelah itu, acara ditutup dengan santap siang bersama. (Humas RS Mata “Dr.YAP”)