RS Mata “Dr. YAP” Terima Lawatan Studi Banding RS Mata Bandung Eye Center

Yogyakarta, 25 Juni 2019 - RS Mata “Dr. YAP” mendapat kunjungan studi banding dari RS Mata Bandung Eye Center (BEC), Senin (24/6). Dalam lawatan kali ini delegasi RS Mata BEC terdiri dari Direktur PT. Nitra Husada, selaku pemilik RS Mata BEC, Dr. dr. Budiman, Sp.M.(K)., M.Kes., Direktur RS Mata BEC dr. Hikmat Wangsaatmadja, Sp.M.(K)., M.Kes., MM., Wakil Direktur RS BEC dr. NR Ratih Rustiati, beserta para dokter, staf medis, dan karyawan. Rombongan diterima oleh direksi, pengurus yayasan Dr. Yap Prawirohusodo bidang medis dan rumah sakit, para dokter, staf medis, dan ketua kelompok kerja (pokja) tim akreditasi di Aula RS Mata “Dr. YAP”.

Direktur RS Mata “Dr. YAP” dr. Eny Tjahjani Permatasari, Sp.M., M.Kes. dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan RS BEC. Selain itu, beliau turut memaparkan profil singkat RS Mata “Dr. YAP” yang merupakan RS khusus tipe B dengan predikat akreditasi Paripurna.

Direktur RS Mata BEC dr. Hikmat Wangsaatmadja, Sp.M.(K)., M.Kes., MM. mengaku sangat terkesan dengan kunjungannya ke RS Mata “Dr. YAP”. Area RS yang luas, kebersihan yang terjaga, serta keramahan para petugas merupakan poin yang menunjukkan nilai lebih RS Mata “Dr. YAP”.

“Pantas jika RS Mata “Dr. YAP” mendapat predikat Paripurna,” terang direktur RS Mata BEC ini.

Beliau berharap, studi banding di RS Mata “Dr. YAP” akan memberi banyak pengetahuan baru bagi RS Mata BEC, terutama dalam mempersiapkan akreditasi yang akan mereka tempuh.

Penyampaian materi tentang persiapan akreditasi disampaikan oleh Ketua tim akreditasi RS Mata “Dr. YAP” dr. Erin Arsianti, Sp.M., M.Sc., MPH. Dalam presentasinya, dokter subspesialis glaukoma ini menyebut bahwa akreditasi Paripurna merupakan buah kerja tim akreditasi yang solid. Proses akreditasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu seluruh elemen di RS harus saling mendukung.

Untuk mengefektifkan transfer of knowledge, dilangsungkan pula diskusi terfokus di tiap (pokja), yang terdiri dari pelayanan medis, keperawatan, dan manajemen. Dalam kesempatan diskusi ini, tim dari BEC sangat antusias dalam bertanya dan menggali informasi terkait persiapan akreditasi dari tim akreditasi RS Mata “Dr. YAP”. Tidak ketinggalan mereka juga ingin tahu tips dan trik saat verifikasi akreditasi berlangsung.

Acara ditutup dengan hospital tour, yaitu mengunjungi sudut-sudut di RS Mata “Dr. YAP”, seperti di Instalasi Rawat Inap, Instalasi Rawat Jalan, Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Rekam Medik, termasuk museum RS Mata “Dr. YAP”. (Humas RS Mata “Dr. YAP”)