RS Mata “Dr. YAP” Segera Luncurkan Layanan Konsultasi Online

Yogyakarta, 11 Mei 2020 - Pandemi Covid-19 menjadi penyebab banyak aktivitas di berbagai bidang terganggu, bahkan berhenti. Tidak terkecuali dalam bidang kesehatan. Akibat diberlakukannya pembatasan sosial, baik yang berskala besar maupun lokal, masyarakat yang butuh pelayanan kesehatan menjadi tidak leluasa menuju ke rumah sakit. Mereka khawatir tertular. Di sisi lain, rumah-rumah sakit pun mengimbau pasien non-gawat darurat agar menunda kunjungannya demi memutus mata rantai penyebaran Virus Korona.

“RS Mata “Dr. YAP” akan menghadirkan layanan telemedicine, yaitu konsultasi mata online berbasis chat, untuk menjawab tantangan masa Covid,” ungkap Kepala Tim Telemedicine RS Mata “Dr. YAP” dr. Rinanto Prabowo, Sp.M(K)., M.Sc.

Layanan telemedicine bernama “Yap Halo Mata” ini akan memfasilitasi pasien yang ingin bertemu dengan dokter namun tidak bisa berkunjung ke rumah sakit. Melalui aplikasi yang dikembangkan secara mandiri oleh tim telemedicine RS Mata “Dr. YAP”, pasien dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter yang dipilih.

“Kami sudah siap dengan aplikasi khusus yang aman digunakan untuk konsultasi. Ke depan, kami akan manfaatkan teknologi berbasis video agar pasien dan dokter punya lebih banyak pilihan,” tambah dia.

Dokter Boby, begitu sapaan akrabnya, memandang kehadiran telemedicine di tengah situasi pandemi ini sangat penting. Tele konsultasi merupakan media komunikasi yang berfungsi sebagai jembatan bagi para dokter dalam melayani pasien. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, dokter tetap dapat memberi arahan bagi pasien yang membutuhkan. Terlebih bagi mereka yang jauh dan terdampak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) maupun berisiko tinggi, seperti anak-anak dan lanjut usia.

Dengan pengalaman hampir 97 tahun serta menangani 100 ribu pasien rawat jalan, 3000 pasien rawat inap, dan 8000 operasi mata setiap tahun, RS Mata “Dr. YAP” dapat menjadi tujuan tepat bagi siapa saja yang ingin berkonsultasi online dengan aman dan terpercaya.

“RS Mata “Dr. YAP” memiliki dokter-dokter spesialis dan subspesialis mata lengkap dan tersertifikasi konsultan secara nasional. Kompetensi dan rekam jejaknya sudah tidak diragukan lagi,” sambung dr. Boby.

Selain berkesempatan konsultasi dengan dokter, pasien yang menggunakan “Yap Halo Mata” juga dapat menikmati layanan farmasi terintegrasi.

Obat yang diresepkan dokter akan diantar ke alamat pasien sehingga pasien tidak perlu keluar rumah untuk menebus obat.

“Kami mau tetap dekat dengan pasien. Menjadi jembatan bagi pasien yang tidak bisa ke rumah sakit,” ungkap Direktur Pelayanan, Pendidikan, dan SDM RS Mata “Dr. YAP” dr. Erin Arsianti, Sp.M., M.Sc., MPH.

Telemedicine “Yap Halo Mata” direncanakan akan online setiap hari, mulai pagi hingga petang. Menghadirkan dokter spesialis dan subspesialis mata, dokter spesialis patologi klinik, serta dokter umum yang siap melayani konsultasi pasien.

Informasi lebih lanjut mengenai konsultasi online Telemedicine “Yap Halo Mata” dapat menghubungi Humas RS Mata “Dr. YAP” di 088802811255. (Humas RS Mata "Dr. YAP")