HUT ke-97 RS Mata "Dr. YAP": Sederhana dan Disiarkan Online

Yogyakarta, 30 Mei 2020 - RS Mata “Dr. YAP” merayakan hari ulang tahun, Jumat (29/5) di Aula Kamar Operasi Lantai II. Mencapai usia ke-97 di saat pandemi Covid-19, membuat perayaan digelar sederhana dan terbatas.

“HUT ke-97 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mayoritas agenda kegiatan menyambut ulang tahun tidak jadi dilaksanakan karena adanya Covid-19,” terang Ketua Panitia Eirina Eva.

Namun demikian lomba kaligrafi dan video promosi kesehatan bagi karyawan tetap terlaksana. Begitu juga kegiatan tanam pohon dan bakti sosial pembagian sembako serta buka puasa bersama panti asuhan berjalan dengan tetap mengindahkan imbauan kesehatan terkait pencegahan infeksi Covid-19.

Pada puncak peringatan HUT ke-97 RS Mata “Dr. YAP” yang dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Ketua Pembina Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo KPH Indrokusumo, Ketua Umum Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo GBPH Prabukusumo beserta pengurus, Dewan Pengawas RS Mata “Dr. YAP”, para dokter mitra, direksi, dokter dan sivitas hospitalia RS Mata “Dr. YAP” dilakukan pemotongan tumpeng. Pemotongan nasi kuning berbentuk kerucut ini bermakna ungkapan syukur atas bertambahnya usia serta harapan dan usaha baru untuk masa depan.

“Hari ini merupakan hari yang sangat penting bagi keluarga besar RS Mata “Dr. YAP”. Genap 97 tahun kami mengabdikan diri dalam pelayanan kesehatan mata bagi masyarakat tanpa terkecuali,” ungkap Direktur Utama RS Mata “Dr. YAP” dr. Alida Lienawati, M.Kes.

Tema HUT ke-97 adalah “Semangat Kebersamaan dalam Upaya Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien RS di Era Revolusi Industri 4.0”. Tajuk yang ingin menggambarkan semangat seluruh komponen rumah sakit, bahu membahu dalam menghadapi persaingan pelayanan kesehatan yang makin kompetitif. Era revolusi industri 4.0 menjadikan teknologi bagian tak terpisahkan dari banyak aspek kehidupan masyarakat. Kini, informasi dan pengetahuan semakin mudah diakses. Keadaan yang menuntut RS Mata “Dr. YAP” untuk meresponnya dengan cepat melalui inovasi, terutama dalam memberdayakan teknologi.

“RS Mata “Dr. Yap” telah berhasil membuat inovasi layanan berbasis teknologi seperti “YAP Halo Mata”, layanan konsultasi online yang diampu oleh dokter spesialis mata, spesialis penyakit dalam, dan dokter umum. Layanan ini dilengkapi dengan farmasi online dan pengiriman obat ke pasien. Kemudian, “Yap Eye Talk”, bincang dan diskusi seputat lesehatan mata yang dapat diakses melalui aplikasi Zoom dan live streaming YouTube,” terang beliau.

Ketua Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo GBPH Prabukusumo mengaku sangat gembira dan bangga atas pencapaian RS Mata “Dr. YAP” selama ini. Telah 97 tahun RS Mata “Dr. YAP” memberi pelayanan terbaik dengan dukungan peralatan medis canggih bagi masyarakat. Tidak banyak yang bisa bertahan melayani hingga usia hampir satu abad.

“Yayasan berharap rumah sakit mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas kerja. Selain itu, kedepankan transparansi serta lakukan tugas Anda sebaik mungkin. Kerja keras dan kerja cerdas untuk melengkapi kejujuran dan keikhlasan Anda dalam bekerja. Dengan begitu kita meningkatkan pelayanan ke masyarakat,” pesan beliau yang juga Ketua Palang Merah Indonesia DIY ini.

Karena jumlah peserta yang terbatas, seremonial ini disiarkan via aplikasi Zoom untuk memfasilitasi sivitas hospitalia RS Mata “Dr. YAP” dan siapa saja yang ingin mengikuti namun tidak dapat hadir secara langsung. (Humas RS Mata "Dr. YAP")