Selamat Ulang Tahun ke-100, Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo!

Yogyakarta, 30 November 2020 — Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo hari ini, 30 November 2020, genap berusia satu abad. Memperingati momen bersejarah ini, Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo menggelar syukuran sederhana potong tumpeng bertempat di Aula Gedung Operasi Lantai II RS Mata “Dr. YAP”, Senin (30/11).

“Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo di usia 100 tahun tetap eksis berdedikasi melayani masyarakat dalam bidang kesehatan mata serta para penyandang disabilitas netra,” ungkap Ketua Pembina KPH. H. Indrokusumo dalam sambutannya.

Darma bakti yayasan bagi masyarakat belumlah sempurna. Masih banyak kekurangan dalam memberi pelayanan di masyarakat. Namun,hal tersebut tidak mengurangi rasa sukacita atas usia yang telah mencapai 100 tahun.

“Kita bersyukur dan mohon agar Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo di masa yang akan datang dapat lebih baik lagi,” sambung pria yang akrab disapa Kanjeng Indro ini.

Selain dihadiri oleh ketua pembina yayasan, hadir pula pengurus yayasan, dewan pengawas, pengurus unit usaha, direksi RS Mata “Dr. YAP”, dan sivitas hospitalia, baik yang hadir langsung maupun turut bergabung secara daring via Zoom Meeting.

Ketua Panitia Peringatan 100 Tahun Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo Drs. Suhartono, MM. menyampaikan bahwa sudah saatnya di usia yang ke-100 ini, seluruh elemen untuk berefleksi. Bagaimana ke depan dapat semakin bertanggungjawab terhadap tugas masing-masing sesuai bidang keahliannya. Selain itu, memiliki kemampuan dan kekuatan dalam melaksanakan tugas pokok yayasan. Terkahir, mampu mengkoordinasikan dan memberdayakan semua potensi yang ada dalam yayasan. Yayasan Dr. Yap Prawirohsuodo berharap unit-unit usaha mampu meningktakan profesionalitas dan gigih untuk berperestasi sehingga mengangkat martabat yayasan serta Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Yayasan memiliki dedikasi dan loyalitas terhadap kemajuan teknologi jaman sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Menyambut satu abad usia, Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo tengah menggodog buku catatan kilas balik 100 tahun mengabdi bagi masyarakat.

“Buku 100 tahun Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo tinggal edit sedikit dan approval panitia. Progresnya sudah 91 persen. Nantinya, buku ini akan dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Jogja,” pungkas ketua panitia.

Yayasan Dr. Yap didirikan pada 30 November 1920. Saat pertama terbentuk bernama Centrale Vereeninging tot bevordering der Oogheelkunde (CVO). Pendiri dan ketua CVO adalah Dr. Yap Hong Tjoen. Sejak di Negeri Belanda sudah timbul hasrat Dr. Yap untuk mengamalkan keahlian dan kepandaianya kepada rakyat Indonesia. Karena itulah, setibanya di Indonesia setelah menyelesaikan pendidikannya di Negeri Belanda, Dr. Yap Hong Tjoen berusaha untuk segera merealisasikan harapan itu. Setelah CVO berdiri, Dr. Yap lantas mendirikan Prinses Juliana Gasthuis voor Ooglijders yang kemudian menjadi RS Mata “Dr. YAP” serta membangun Balai Mardi Wuto yang kini bernama Badan Sosial Mardi Wuto. (Humas RS Mata “Dr. YAP”)