Klinik Utama Mata "Dr. YAP" Magelang Diresmikan Wali Kota Magelang

Magelang, 17 Februari 2021 - Wali Kota Magelang Ir. Sigit Widyonindito, MT menandatangani prasasti peresmian pembangunan/renovasi Klinik Utama Mata “Dr. YAP” Magelang di Ruko Grand Viko Jalan Soekarno-Hatta, Magelang Utara, Selasa (16/2). Klinik ini adalah cabang pertama pertama dari RS Mata “Dr. YAP” Yogyakarta.

Turut hadir dalam helatan ini Wakil Wali Kota Magelang Dra. Windarti Agustina, Sekda Kota Magelang Drs. Joko Budiyono, MM serta seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Magelang.

“Saya mengucapkan bangga dan selamat atas dibangunnya Klinik Utama Mata “Dr. YAP”. Apresiasi karena pemikiran visioner Gusti Prabu (Ketua Umum Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo-red), Ketua Dewan Pembina, dan Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo yang ada di Yogyakarta,” ungkap Wali kota saat membuka acara.

Beliau melanjutkan bahwa tidak salah membuka klinik utama mata di wilayah Kota Magelang. Selain nantinya akan melayani pasien asal Kota dan Kabupaten Magelang, Klinik Utama Mata “Dr. YAP” juga akan didatangi pasien eks Karesidenan Kedu. Kota Magelang adalah hinterland-nya Kedu yang meliputi Temanggung, Wonosobo, Purworejo, sebagian Boyolali, dan sebagian Ambarawa.

“Kalau melayani itu sing ramah (yang ramah), sing apik (yang baik), sing nyenengke (yang menyenangkan). Itu wis obat nggone rakyat (itu sudah merupakan obat bagi rakyat). Dan tidak membeda-bedakan,” ungkap beliau.

Wali kota berharap RS Mata “Dr. YAP” Yogyakarta dan Klinik Utama Mata “Dr. YAP” Magelang terus dapat melayani dengan sepenuh hati sehingga menjadi kebanggaan bagi masyarakat di Kota Magelang dan sekitarnya.

Plt Direktur Utama RS Mata “Dr. YAP” dr. Alida Lienawati, M.Kes menjelaskan bahwa Klinik Utama Mata “Dr. YAP” Magelang menempati tiga petak ruko seluas 270 meter persegi. Terdiri dari dua lantai dan dua basement. Lantai pertama digunakan untuk pendaftaran pasien, instalasi gawat darurat, ruang periksa, ruang tunggu, farmasi, laboratorium, gerai kacamata dan lainnya. Lantai dua dipergunakan untuk kamar operasi, ruang pre-post operasi, ruang steril, ruang dokter, ruang operasi minor dan sebagainya. Bagian basement akan dimanfaatkan sebagai mushola, ruang kerja, ruang serbaguna, ruang rekam medis, ruang gas medis, instalasi pengolahan air limbah, gudang, dan lain-lain.

Selain itu, Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo telah mempersiapkan lahan seluas 1040 meter persegi di bagian belakang klinik untuk disulap menjadi ruang terbuka hijau dan fasilitas penunjang lainnya.

“Renovasi alih fungsi ruko menjadi klinik ditargetkan selesai pada 30 April 2021. Direncanakan dapat beroperasional pada bulan Mei,” ungkap dr. Alida.

Ketua Umum Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo GBPH Prabukusumo, S.Psi dalam kesempatan yang sama menghaturkan terima kasih dan hormat setinggi-tingginya kepada Wali Kota Magelang dan jajarannya serta warga Kota Magelang.

“Tujuan kami mendekatkan pasien yang berada di Jawa Tengah bagian selatan. Supaya mengurangi jauhnya (jarak ke Yogyakarta-red), apalagi kalau itu urgent,” jelas Gusti Prabu, sapaan akrabnya.

Beliau berharap agar ke depan Klinik Utama Mata "Dr. YAP" Magelang dapat melayani dengan sesempurna mungkin. Ia menekankan pada aspek sopan santun dalam pelayanan agar betul-betul dijaga. Dengan begitu, Gusti Prabu memiliki keyakinan bahwa pelayanan di Klinik Utama Mata “Dr. YAP” Magelang dan RS Mata “Dr. YAP” Yogyakarta akan sama baiknya. Migunani tumraping liyan, jika mencuplik ungkapan jawa. Artinya segala aktivitas dapat bermanfaat bagi orang lain. Tak lupa, beliau pun berpesan agar dapat melayani pasien tanpa pamrih, artinya memberi pelayanan tanpa memandang latar belakang kebudayaan, suku, dan agama. Pelayanan harus dilakukan dengan ketulusan hati yang mulia. Semuanya untuk warga masyarakat yang membutuhkan pengobatan.

“Mohon doa restu agar klinik cepat selesai dan langsung bisa kita isi (dengan peralatan medis-red) sehingga bisa melayani dengan sebaik-baiknya,” kata Gusti Prabu di depan Wali Kota Magelang hadirin.

Selain penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Magelang dan Ketua Umum Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo, peresmian Klinik Utama Mata “Dr. YAP” Magelang juga diisi dengan prosesi pemotongan tumpeng sebagai ungkapan syukur sekaligus harapan untuk kelancaran renovasi hingga beroperasinya klinik. Pemotongan tumpeng dilaksanakan oleh Ketua Pembina Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo KPH Indrokusumo kemudian diserahkan kepada Kepala Klinik Utama Mata “Dr. YAP” Magelang dr. Rinanto Prabowo, Sp.M(K)., M.Sc. (Humas RS Mata "Dr. YAP")