PEDULI KESEHATAN MATA ANAK - RS Mata “Dr.YAP” Deteksi Dini Mata ke TK ABA Purbayan & TK An Nur I Yogyakarta

Menyambut HUT RS Mata “Dr.YAP” ke 96 panitia HUT (panhut) mengawali kegiatan bakti sosial melalui deteksi dini kelainan mata di TK ABA Purbayan Kotagede (19/3) dan TK An Nur I Maguwoharjo (27/3). Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun sebagai wujud kepedulian RS Mata “Dr.YAP” terhadap kesehatan mata anak. Tim RS Mata “Dr.YAP”terdiri dari dokter,petugas refraksionis, perawat dan petugas rekam medis. Deteksi dini meliputi pemeriksaan ketajaman penglihatan, koreksi refraksi dan pemberian kacamata gratis bagi anak yang terdeteksi gangguan refraksi.

Dengan total 134 anak mengikuti pemeriksaan mata ditemukan 29 anak yang mengalami gangguan refraksi berupa myopia, hypermetropi, astigmatism serta ditemukan kasus ambyopia. Dari sekian jumlah anak yang terdeteksi gangguan refraksi sebagian besar mengalami astigmatism.

Kegiatan berjalan lancar dan disambut baik oleh pihak TK, anak-anak antusias mengikuti pemeriksaan mata hingga pemeriksaan selesai. Selain mengetahui kelainan mata pada anak kegiatan ini untuk menumbuhkan pentingnya menjaga kesehatan mata. (Humas RS Mata “Dr.YAP”)