Kolaborasi Jamkesus Terpadu, RS Mata “Dr. YAP” Periksa Mata Penyandang Disabilitas di Kota Jogja

Yogyakarta, 12 Juli 2019 - RS Mata “Dr. YAP” bersinergi dengan Dinas Sosial Kota Yogyakarta dan Bapel Jamkesos (Jaminan Kesehatan Sosial) menggelar pemeriksaan kesehatan mata terpadu bagi difabel di wilayah Kota Yogyakarta. Kegiatan bertajuk Jamkesus (jaminan kesehatan khusus) ini merupakan pelayanan kesehatan dengan sasaran peserta para penyandang disabilitas fisik serta kelainan bawaan sejak lahir. Pelaksanaan kegiatan ini bertempat di Ex Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tegalrejo, Rabu dan Kamis (10-11/7) .

Dalam misi sosial kali ini, RS Mata “Dr. YAP” mengirim dr. Rastri Paramita, Sp.M., dokter spesialis mata sekaligus ketua tim, yang dibantu apoteker, refraksionis, perawat, perekam medis dan dokter muda untuk memberi pelayanan kesehatan mata bagi para pasien. Pemeriksaan meliputi periksa tajam penglihatan, pemeriksaan fisik mata, tekanan bola mata dan koreksi refraksi.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini secara khusus ditujukan bagi masyarakat difabel pra-sejahtera yang benar-benar membutuhkan akses pelayanan kesehatan. Pasalnya, keterbatasan fisik serta ekonomi tidak jarang menjadi hambatan bagi para difabel untuk mengunjungi fasilitas kesehatan yang dibutuhkan.

Program Jamkesus terpadu adalah bentuk perhatian kolaboratif antara pemerintah dengan penyedia layanan kesehatan dapat mendekatkan serta mempermudah akses pasien untuk mendapat pelayanan kesehatan. Harapannya, para penyandang disabilitas akan merasa terbantu sehingga kembali bersemangat untuk rutin memeriksakan kesehatannya.

Dalam Jamkesus Terpadu kali ini, RS Mata “Dr. YAP” berhasil memeriksa 28 pasien dengan beragam kelainan mata. Pemeriksaan dilayani langsung oleh dokter spesialis mata dibantu perawat dan refraksionis. Sebelum menjalani pemeriksaan, seluruh pasien didata secara lengkap oleh perekam medis. Setelah periksa, pasien yang membutuhkan obat diarahkan ke bagian farmasi untuk memperoleh obat sekaligus edukasi terkait dosis dan cara penggunaannya. (Humas RS Mata "Dr. YAP")