RS Mata “Dr. YAP” dan BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Sepakat Kerja Sama

Yogyakarta, 4 Februari 2021 — RS Mata “Dr. YAP” dan BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta menggelar penandatanganan perjanjian kerja sama bertempat di Aula RS Mata “Dr. YAP”, Rabu (3/2). Kedua pihak sepakat untuk kembali menghadirkan pelayanan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan mata.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta dr. Dwi Hesti Yuniarti dan Plt Direktur Utama RS Mata “Dr. YAP” dr. Alida Lienawati membubuhkan tanda tangan di atas dokumen perjanjian kerja sama. Seremoni didampingi Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Ibu Andayani Budi Lestari, Ketua Umum Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo GBPH Prabukusumo serta Ketua Pembina KPH Indrokusumo. Selain itu, hadir pula para tamu undangan dari BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, pengurus Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo dan civitas hospitalia RS Mata “Dr. YAP” dengan jumlah terbatas serta menerapkan protokol kesehatan.

Agenda ini menjadi penanda bagi RS Mata “Dr. YAP” yang akan kembali melayani pasien peserta BPJS Kesehatan. Sebelumnya, selama satu tahun terakhir pelayanan BPJS di RS Mata “Dr. YAP” mandeg.

“Pasien terpaksa melepas haknya karena pelayanan BPJS di RS Mata Dr. YAP terhenti,” ungkap Plt Direktur Utama dr. Alida Lienawati.

Selama masa itu, pasien harus membayar secara mandiri jika tetap ingin mendapat pelayanan kesehatan mata di RS Mata “Dr. YAP”. Namun, setelah ini dapat dipastikan bahwa pasien BPJS akan kembali dilayani di RS Mata “Dr. YAP” sebagai pasien BPJS. Harapannya, kerja sama ini dapat bermanfaat seluas-luasnya bagi masyarakat.

“Kami akan terus memperbaiki dan memahami peraturan dan persyaratan sehingga bisa memberi sosialisasi kepada masyarakat peserta BPJS,” ungkapnya dalam sambutan.

Ketua Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo GBPH Prabukusomo menyampaikan sukacita menyambut kerja sama antara RS Mata “Dr. YAP” dan BPJS Kesehatan yang kembali terjalin. Ia mengucapkan terima kasih kepada BPJS yang telah memberi kesempatan kedua. Baginya, masyarakat adalah pihak yang paling diuntungkan, karena mereka sangat membutuhkan pelayanan kesehatan mata yang canggih di RS Mata “Dr. YAP”.

“Kami prihatin sekali saat tidak bekerjasama dengan BPJS. Karena lama sekali. Saya terus mendorong rumah sakit untuk kerja sama lagi,” terangnya di hadapan hadirin.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara RS Mata “Dr. YAP” dan BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta ini terasa sangat istimewa karena turut dihadiri oleh Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Ibu Andayani Budi Lestari.

“Acara ini istimewa, karena RS Mata “Dr. YAP”, saya tahu persis, mempunyai perawatan dan dokter yang sangat kompeten. Terkenal bukan hanya di Yogyakarta tapi juga di Indonesia. Istimewa,” serunya dalam sambutan. Tidak pernah sebelumnya direksi hadir dalam penandatanganan perjanjian kerja sama, karena domainnya teknis operasional yang ada di cabang. Lebih-lebih, effort RS Mata “Dr. YAP” yang begitu besar agar dapat kembali bekerjasama dengan BPJS membuat event ini makin istimewa. Ia berharap proses yang sudah dijalani bersama selama ini bisa berlangsung dengan lancar.

“Kerja sama adalah kesepakatan berdua yang equal dengan hak dan kewajiban yang sama dan harus dilaksankan,” terangnya.

RS Mata “Dr. YAP” akan resmi melayani pasien peserta BPJS Kesehatan mulai 10 Februari mendatang. Bagi pasien yang ingin mendapat pelayanan kesehatan mata perlu mengurus surat rujukan berjenjang dengan legalisasi fasilitas kesehatan setempat. Mengingat RS Mata “Dr. YAP” merupakan rumah sakit khusus mata tersier. (Humas RS Mata “Dr. YAP”)