Candi Prambanan


Anda tahu kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso? Sudah pasti langsung teringat dengan cerita berdirinya Candi Prambanan. Kompleks candi ini terletak di Kecamatan Prambanan Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten, atau persis berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sekitar 45 menit perjalanan dari Kota Yogyakarta.

Candi prambanan adalah kompleks candi hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama hindu yaitu Brahma sebagai Dewa Pencipta, Wishnu sebagai Dewa Pemeliharadan Siwa sebagai Dewa Pemusnah.

Candi ini termasuk situs warisan dunia UNESCO, candi hindu terbesar di indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama dengan ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, Candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawa dari seluruh dunia.

Jika malam hari, pemandangan Candi Prambanan ini sangat indah dengan disoroti lampu dari arah panggung terbuka Trimurti. Pada malam hari juga biasanya di kompleks Candi prambanan ini diselenggarakan pagelaran Sendratari Ramayana.

Peta lokasi wisata Candi Prambanan