Benteng Vredeburg


Museum Benteng Vredeburg ini berada di kawasan Malioboro. Museum Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan Keraton Kesultanan Yogyakarta. Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia. Benteng ini dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda kala itu, dengan dikelilingi oleh sebuah parit yang sebagian bekas-bekasnya telah direkonstruksi dan dapat dilihat hingga sekarang. Benteng ini berbentuk persegi dan mempunyai menara pantau di keempat sudutnya.

Secara historis bangunan ini terus mengalami perubahan fungsi yaitu tahun 1760-1830 sebagai benteng pertahanan, tahun 1830-1945 sebagai markas militer Belanda dan Jepang, tahun 1945-1977 sebagai markas militer RI, tahun 1980 ditetapkan sebagai pusat informasi dan pengembangan budaya nusantara, tahun 1985 dipugar menjadi Museum Perjuangan dan dibuka untuk umum tahun 1987. Kemudian tahun1992 resmi menjadi Museum Khusus Perjuangan Nasional dengan nama Museum Benteng Yogyakarta.

Bangunan bekas Benteng Vredeburg ini dipugar dan dilestarikan. Dalam proses pemugaran, bentuk luar dari benteng ini tetap dipertahankan, sedangkan bagian dalamnya dipugar dan diseusaikan dengan fungsinya sebagai ruang museum. Fasilitas yang tersedia antara lain perpustakaan, ruang pertunjukan, ruang seminar, hotspot gratis, pemandu, ruang tamu, mushola dan kamar mandi umum. Harga tiketnya pun sangat terjangkau yaitu Rp. 2.000 untuk dewasa dan Rp. 1.000 untuk anak-anak. Karena letaknya yang berada di kawasan 0 km Jogja, Benteng Vredeburg ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun asing.

Peta lokasi wisata Benteng Vredeburg