#
  • #
    Emergency Call

    (0274) 584 423

  • #
    Phone

    (0274) 544744 - 550380

  • Search

OFFICIAL WEBSITE

RS Mata
"Dr. YAP"

Layanan Sub Spesialistik / Neuro Oftalmologi dan Genetika Oftalmologi

Neuro

#

Neuro Oftalmologi dan Genetika Oftalmologi

Neuro-Oftalmologi menyangkut masalah penglihatan yang terkait dengan sistem saraf. Gangguan penglihatan dapat disebabkan oleh gangguan saraf optik, sistem saraf pusat (otak dan tulang belakang), pergerakan bola mata dan kelainan pada pupil mata. Saraf optik menghubungkan mata ke otak. Saraf optik seperti kabel listrik yang membawakan informasi penglihatan dari mata ke otak untuk diproses.

Gangguan saraf optik

1. Kompresi

2. Gangguan pergerakan mata: Penyakit yang menyebabkan pergerakan terbatas, Penyakit yang mempengaruhi saraf ke otot yang menyebabkan kelemahan, Penyakit yang dapat mempengaruhi transmisi sinyal antara saraf dan otot, Penyakit yang dapat mempengaruhi otot, dan Penyakit yang dapat mempengaruhi bagian otak yang mengontrol pergerakan.

3. Pasokan darah tidak memadai (Iskemia)

4. Peradangan

5. Cedera/trauma

6. Peningkatan tekanan dalam otak

7. Peningkatan tekanan dalam mata (Glaukoma)

Penyebab Gangguan Saraf Penglihatan tergantung pada jenisnya yaitu meliputi Kompresi dapat disebabkan oleh tumor. Pasokan darah yang tidak memadai dapat disebabkan oleh Hipertensi, Diabetes, Hiperlipidemia atau merokok. Peradangan sering dikaitkan dengan penyakit yang mempengaruhi bagian lain tubuh, seperti penyakit jaringan konektif dan mutiple sclerosis.

Gejala Gangguan Saraf Penglihatan tergantung pada jenisnya

1. Kompresi yang disebabkan oleh tumor - Secara perlahan kehilangan penglihatan tanpa rasa sakit

2. Gangguan pergerakan mata - Penglihatan ganda, penglihatan buram, penglihatan tidak stabil bergoyang, pusing, cara berjalan tidak stabil, sakit kepala dan rasa lemas

3. Pasokan darah tidak memadai (Iskemia) ke saraf optik - Kehilangan penglihatan secara cepat yang biasanya tanpa rasa sakit

4. Peradangan - Kehilangan penglihatan secara cepat dan masalah pada penglihatan warna. Jika saraf optik terkena, kemungkinan terasa nyeri di balik mata Anda

5. Cedera/trauma - Gejala akan bergantung pada jenis dan posisi cedera

6. Peningkatan tekanan dalam otak - Sakit kepala dengan rasa mual atau muntah, kehilangan penglihatan untuk sementara, atau gangguan saraf di bagian lain tubuh Anda (rasa lemas atau kehilangan keseimbangan)

Gejala gangguan Saraf Penglihatan yang paling umum yaitu kehilangan penglihatan, atau gangguan penglihatan, penglihatan ganda, pupil mata tidak sama, dan kejang-kejang pada kelopak mata dan wajah.

(source : www.gleneagles.com.sg)


#
#
#
#

20+

Dokter Berpengalaman

#

300+

Pasien Puas

#

10+

Penghargaan