#
  • #
    Emergency Call

    (0274) 584 423

  • #
    Phone

    (0274) 544744 - 550380

  • Search

OFFICIAL WEBSITE

RS Mata
"Dr. YAP"

Home / Informasi / Berita

Berita

#

Admin

RS Mata "Dr. YAP" Survei Akreditasi Bersama KARS


Yogyakarta, 30 September 2022 — RS Mata “Dr. YAP” telah menyelesaikan agenda pelaksanaan Survei Akreditasi menggunakan standar terbaru yaitu Standar Akreditasi Rumah Sakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2022 (STARKES) yang dilaksanakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada Senin - Kamis, 26 - 29 September 2022.

 

Survei dilaksanakan selama tiga hari dengan metode hybrid, yaitu daring (online) pada Senin, 26 September dan luring (offline) pada 28 dan 29 September yang dipusatkan di RS Mata “Dr. YAP”. Bertugas sebagai surveior mewakili KARS adalah Ketua Tim drg. Jaka Supriyadi, M.Si, FISQua sekaligus surveior bidang manajemen dan Anggota Bapak Muhk Fatoni, S.Kep, Ners yang membidangi keperawatan.

 

Seluruh civitas hospitalia RS Mata “Dr. YAP” diajak untuk kembali menilik kesiapan rumah sakit dalam menjalankan peningkatan mutu dan keselamatan pasien serta memenuhi hak pasien dan keluarga. Para surveior dengan saksama menilai upaya RS Mata  “Dr. YAP” dengan menggunakan instrumen survei akreditasi KARS sesuai STARKES. Survei akreditasi ini juga merupakan bentuk evaluasi mutu secara eksternal, yaitu dengan melibatkan pihak luar yang independen untuk menilai.

 

Direktur Utama RS Mata "Dr. YAP" dr. Alida Lienawati, M.Kes, FISQua dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan KARS mengirim surveior untuk survei kali ini. RS Mata "Dr. YAP" mempercayakan pelaksanaan survei akreditasi kepada KARS sebagai lembaga independen penyelenggara akreditasi rumah sakit yang pertama di Indonesia. Sehingga, sudah tidak perlu diragukan lagi pengalamannya.


Selain itu, KARS sudah memiliki instrumen yang jelas dalam melakukan akreditasi rumah sakit dengan mengadopsi perubahan yang terjadi setelah pandemi melanda. Melalui instrumen tersebut, KARS mengajak rumah sakit yang menjalani akreditasi untuk mempersiapkan serta menyelenggarakan akreditasi dengan "Mudah, Canggih, dan Menyenangkan" atau "MCM".

 

Ketua Tim Akreditasi KARS di RS Mata "Dr. YAP" drg. Jaka Supriyadi, M.Kes, FISQua menyambut gembira atas pelaksanaan survei akreditasi kali ini. Dalam paparannya, Dokter Jaka, begitu ia akrab disapa, menyebut RS Mata "Dr. YAP" sangat serius menyambut survei akreditasi ini. RS Mata "Dr. YAP" mampu menampilkan dokumen-dokumen yang diminta dengan sangat lengkap. Selain itu, RS Mata "Dr. YAP" juga mempersiapkan teknis pelaksanaan survei akreditasi sistem hybrid ini dengan baik sehingga dapat berjalan dengan lancar.

 

Masih menurut Dokter Jaka, RS Mata "Dr. YAP" patut berbangga karena di usia yang menjelang 100 tahun mampu menghadirkan pelayanan yang berkualitas. Sebagai rumah sakit khusus mata, RS Mata "Dr. YAP" memiliki dokter spesialis mata yang lengkap serta didukung dengan peralatan kesehatan yang canggih dan mengikuti perkembangan teknologi. RS Mata "Dr. YAP" letaknya sangat strategis, di tengah Kota Yogyakarta, sehingga dapat dijangkau dari mana pun.

 

"Dukungan Gusti Prabu (GBPH H. Prabukusumo, S.Psi - Ketua Umum Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo) dan pemilik Yayasan Dr. Yap (Prawirohusodo) sangat luar biasa untuk rumah sakit (Mata "Dr. YAP") ini," ungkap Dokter Jaka.

 

Selain menyampaikan kekuatan, drg. Jaka dalam paparannya pun memberi catatan pada tantangan-tantangan (challenges) yang dihadapi RS Mata "Dr. YAP". Sebagai rumah sakit yang memiliki visi dan misi menjadi layanan kesehatan global, RS Mata "Dr. YAP" wajib terus melakukan upgrade kualitas pelayanan mengacu pada mutu dan keselamatan pasien mulai dari level atas hingga bawah. Selain itu, RS Mata 'Dr. YAP" perlu melakukan promosi berdasarkan prinsip medical tourism. Karena RS Mata "Dr. YAP" memiliki potensi sebagai destinasi wisata kesehatan selain tujuan pengobatan mata yang berkualitas.

 

Ketua Umum Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo GBPH H. Prabukusumo, S.Psi mengaku bangga atas pencapaian RS Mata "Dr. YAP" menyelenggarakan survei akreditasi ini. Bagi Gusti Prabu, akreditasi merupakan momen untuk mengkoreksi diri. Di satu sisi, Gusti Prabu berharap akan ada catatan atau kritik untuk RS Mata "Dr. YAP" dari para surveior yang selama tiga hari menilai dengan objektif jalannya pelayanan dan aktivitas di RS Mata "Dr. YAP". Di sisi lain, penilaian para surveior yang positif dapat mencerminkan pelayanan RS Mata "Dr. YAP" yang mengutamakan mutu dan keselamatan pasien.

 

Sebelumnya, pada Agustus 2022, RS Mata "Dr. YAP" telah lebih dulu menjalani Survei Simulasi Akreditasi dengan STARKES. RS Mata “Dr. YAP” telah meraih predikat “paripurna” dalam survei akreditasi standar SNARS Edisi 1.1 medio 2018. Sejatinya, pada 2021 RS Mata “Dr. YAP” sudah harus kembali menjalani akreditasi, namun tertunda akibat pandemi Covid-19. Baru pada 2022, RS Mata “Dr. YAP” berkesempatan kembali menjalani akreditasi. Kali ini dengan standar baru, yaitu Standar Akreditasi Rumah Sakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (STARKES), namun dengan tujuan yang sama yaitu meraih hasil “paripurna.”

(Humas RS Mata “Dr. YAP”)

Follow Kami

Alamat Kami

Jl. Cik Di Tiro No.5 Yogyakarta 55223

Phone : (0274) 547448 - 562054

Fax : (0274) 517239

Emergency Call

(0274) 584 423

Hanya Untuk Pasien Gawat Darurat

Humas

Whatsapp : 0888 0281 1255

hukmas@yap.or.id

Pendaftaran Pasien dan Informasi

(0274) 544744 - 550380

Whatsapp : 0888 0281 1256


Pendaftaran Online dapat melalui :

Website  |  Android

#
#
#
#

20+

Dokter Berpengalaman

#

300+

Pasien Puas

#

10+

Penghargaan