#
  • #
    Emergency Call

    (0274) 584 423

  • #
    Phone

    (0274) 544744 - 550380

  • Search

OFFICIAL WEBSITE

RS Mata
"Dr. YAP"

Home / Informasi / Berita

Berita

#

Admin

102 Tahun Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo


Yogyakarta, 1 Desember 2022 - Bertempat di Aula Gedung Operasi Lantai 2 RS Mata "Dr. YAP" pada Rabu, 30 November 2022, Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo memperingati 102 tahun mengabdi yayasan yang pada saat didirikan bernama Centrale Vereeniging tot Bevordering der Oogheelkunde in Nederlandsch-Indie (CVO) atau Pusat Perkumpulan untuk Memajukan Ilmu Kesehatan Mata di Hindia Belanda.

 

HUT ke-102 Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo dirayakan secara sederhana yang diisi doa bersama dan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur atas usia baru yang akan ditapaki. Acara ini dihadiri oleh Pengurus Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo, Badan Sosial Mardi Wuto, Yap Square, Museum Dr. Yap Prawirohusodo, Direksi dan manajemen RS Mata "Dr. YAP", para dokter spesialis mata, serta Klinik Utama Mata "Dr. YAP" Magelang.

 

Ketua Umum Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo GBPH H. Prabukusumo, S.Psi dalam sambutannya berharap di usia yang ke-102 ini seluruh keluarga besar Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo makin kompak dalam melayani masyarakat. Karya yayasan tidak bisa jauh dari usaha-usaha untuk memajukan bidang kesehatan mata. Hal tersebut dibuktikan dengan  pembukaan Klinik Utama Mata "Dr. YAP" di Magelang Jawa Tengah pada 2021 sebagai unit pelayanan terbaru Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo.

 

"Pikiran, niat, dan hati yang mulia dalam setiap yang kita kerjakan bagi masyarakat dan pasien akan membuat yayasan bisa lanjut sampai kapanpun," ungkap Gusti Prabu di depan para tamu undangan.

 

Selaras dengan yang disampaikan GBPH H. Prabukusumo, S.Psi, Ketua Pembina Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo KPH. H. Indrokusumo juga menyampaikan kegembiraannya karena setelah 102 tahun, yayasan masih eksis dan terus memberi kontribusi positif.

 

"Kita yang hadir di sini walaupun berkarya di bidang masing-masing, adalah satu bingkai Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo," kata Kanjeng Indro dalam sambutannya.

 

Selama 100 tahun beridiri, Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo secara khusus telah melayani masyarakat Yogyakarta yang membutuhkan pelayanan kesehatan mata melalui RS Mata "Dr. YAP". Meskipun, RS Mata "Dr. YAP" juga melayani pasien dari seluruh Indonesia. Sampai pada 2021, Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo  resmi meluncurkan Klinik Utama Mata "Dr. YAP" Magelang yang ditujukan bagi masyarakat di Jawa Tengah bagian selatan, khususnya Magelang dan sekitarnya.

 

"Pengembangan di daerah lain (luar Yogyakarta) dilakukan supaya keberadaan yayasan dapat bermanfaat dan dirasakan masyarakat yang lebih luas. Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo bukan hanya RS Mata "Dr. YAP" tetapi juga Badan Sosial Mardi Wuto, (Pertokoan) Yap Square, dan Klinik Utama Mata ("Dr. YAP" Magelang)," tutup Kanjeng Indro.

 

Sejarah Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo

 

YAYASAN DOKTOR YAP PRAWIROHUSODO adalah lembaga nirlaba yang menyelenggarakan kegiatan di bidang sosial dan kemanusiaan terkait dengan kesehatan mata dan pemberdayaan disabilitas netra serta usaha lain yang diperlukan. Program utama lembaga sosial ini adalah memfokuskan upaya untuk meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dengan memfasilitasi unit kerja dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan, terutama di bidang pelayanan kesehatan mata dan pengembangan ilmu penyakit mata, serta meningkatkan kualitas disabilitas netra di bidang pendidikan dan pemberdayaan disabilitas netra, sesuai dengan visi dan misi untuk menjadi Yayasan yang berkualitas di tingkat nasional dan di tingkat internasional dengan memegang teguh jati diri bangsa.

 

YAYASAN DOKTOR YAP PRAWIROHUSODO merupakan perkembangan dari yayasan terdahulu bernama Yayasan Rumah Sakit Mata Dr. Yap yang didirikan pada tanggal 9 November 1972, berkedudukan di Yogyakarta, dan telah terdaftar pada Kantor Pengadilan Negeri Yogyakarta pada tanggal 27 Juni 1973 dengan mendapat "penguatan' kedudukan Yayasan Rumah Sakit Mata Dr. Yap Prawirohusodo dari Mahkamah Agung RI No. MA/PAN/046/VII/79 ditandatangi oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Omar Seno Adji, SH.

 

Keberadaan RS Mata "Dr. YAP" tidak bisa dilepaskan dari sosok pendiri yaitu Dr. Yap Hong Tjoen. Setelah meraih gelar dokter pada 1919, Dr. Yap Hong Tjoen kembali ke Hindia Belanda (Indonesia) dan bersama para koleganya mendirikan Centrale Vereeniging tot Bevordering der Oogheelkunde in Nederlandsch-Indie (CVO) yang artinya Pusat Perkumpulan untuk Memajukan Ilmu Kesehatan Mata di Hindia Belanda.

 

CVO mempunyai tujuan menolong penderita penyakit mata, memberantas kebutaan dan memperbaiki nasib penyandang tunanetra serta memajukan ilmu penyakit mata. Guna mencapai tujuan tersebut maka dilakukan beberapa usaha, mulai dari mendirikan ruman sakit mata, memberi pelayanan pemeriksaan mata di kampung dan desa, mendirikan lembaga tuna netra, hingga rekomendasi kepada pemerintah.

 

Untuk mencapal tujuan tersebut maka ditetapkan usaha-usaha:

  1. Mendirikan rumah sakit-rumah sakit dan klinik-klinik untuk penderita penyakit mata dan memberi bantuan kepada lembaga lain yang bermaksud mendirikan sarana tersebut.
  2. Memberikan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan dengan mengunjungi kampung-kampung dan desa-desa.
  3. Mendirikan lembaga tuna netra guna membekali keterampilan untuk bekerja bagi penderita yang mengalami kebutaan.
  4. Mencegah penyakit mata dengan memajukan hygiene sekolah dan menunjuk dokter-dokter sekolah.
  5. Memberi saran kepada pemerintah atau penguasa guna mengadakan tindakan bagi penderita penyakit mata, penyandang tuna netra, dan untuk pemberantasan penyakit mata.
  6. Melalui cara-cara yang legal atau sah menurut hukum untuk meningkatkan usaha-usaha mencapai tujuan tersebut di atas.

 

Perkumpulan ini berdiri pada tanggal 24 September 1920 dan berkedudukan di Batavia, serta dicatatkan di Notaris Mr. A.H. van Ophuijsen serta diumumkan kepada khalayak melalui media massa Javasche Courant No. 96 tertanggal 30 November 1920. Ketua CVO dijabat oleh Khouw Kim Am, dan 10 orang komisaris salah satunya Dr. Yap Hong Tjoen.

 

Pada tanggal 20 Juni 1921 Dr. Yap Hong Tjoen memulai kegiatannya dengan membuka balai pengobatan mata di Jalan Gondolayu Yogyakarta tepatnya di barat Jembatan Gondolayu. Waktu itu, pasien yang perlu dioperasi dikirim ke RS Petronella atau saat ini dikenal dengan RS Bethesda. Kebutuhan yang semakin besar membuat Dr. Yap Hong Tjoen mencari tambahan dana untuk membesarkan balai pengobatannya. (Humas RS Mata "Dr. YAP")

Follow Kami

Alamat Kami

Jl. Cik Di Tiro No.5 Yogyakarta 55223

Phone : (0274) 547448 - 562054

Fax : (0274) 517239

Emergency Call

(0274) 584 423

Hanya Untuk Pasien Gawat Darurat

Humas

Whatsapp : 0888 0281 1255

hukmas@yap.or.id

Pendaftaran Pasien dan Informasi

(0274) 544744 - 550380

Whatsapp : 0888 0281 1256


Pendaftaran Online dapat melalui :

Website  |  Android

#
#
#
#

20+

Dokter Berpengalaman

#

300+

Pasien Puas

#

10+

Penghargaan