#
  • #
    Emergency Call

    (0274) 584 423

  • #
    Phone

    (0274) 544744 - 550380

  • English

OFFICIAL WEBSITE

RS Mata
"Dr. YAP"

Home / Informasi / Berita

Berita

#

Admin

RS Mata "Dr. YAP" Gelar Seminar Bertema Manajemen Rumah Sakit


Yogyakarta, 18 Desember 2023 - Rumah sakit merupakan organisasi yang kompleks. Di dalam Rumah sakit terdapat beberapa kelompok profesi kesehatan yang memiliki peran masing-masing, adanya sistem regulasi yang sangat dinamis, serta inovasi pelayanan yang mengedepankan efektif, efisien, dan aman. Kompleksitas rumah sakit sebagai organisasi yang padat karya, padat modal, dan padat profesi menjadi tantangan bagi manajemen rumah sakit untuk menciptakan organizational effectiveness di tengah perkembangan bisnis rumah sakit yang kian dinamis dan kompetitif.

Mengusung tema besar manajemen rumah sakit, Rumah Sakit Mata “Dr. YAP” menggelar seminar dan workshop “Unlocking Potential: Mastering Challenges, Seizing Opportunities” di Lotus Ballroom III Artotel Suites Bianti Yogyakarta pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Direktur Utama RS Mata "Dr. YAP" dr Alida Lienawati, M.Kes, FISQua menyampaikan pentingnya meningkatkan efektivitas organisasi sebagai kunci sukses dalam bisnis, termasuk dalam bisnis rumah sakit.

"Setiap manajer diharapkan mampu meningkatkan efisiensi lingkungan kerja. Para manajer dituntut mampu berpartisipasi dalam masalah organisasi dan menciptakan efektivitas sistem, inovatif dalam riset dan pengembangan, perilaku, serta desain organisasi," ungkap dr. Alida.

Transformasi sistem kesehatan memberikan tantangan baru bagi manajemen rumah sakit dalam mempersembahkan pelayanan kesehatan yang bermutu. Rumah sakit sebagai patient centered care mengutamakan keselamatan pasien.

"Peningkatan mutu adalah proses yang berkesinambungan. Berlangsung terus-menerus sesuai kebutuhan dan karakteristik pasien yang bervariasi. Rumah sakit membutuhkan strategi yang tepat dalam memanfaatkan tantangan global untuk perbaikan berkelanjutan," kata dr. Alida dalam sambutannya.

Seminar ini bertujuan untuk membuka wawasan baru terkait strategi manajemen rumah sakit di tengah arus transformasi dan dinamisasi bisnis rumah sakit. Selain itu, membagikan pengetahuan dan pengalaman terkait implementasi serta proyek peningkatan mutu yang telah dilakukan oleh RS Mata “Dr. YAP”.

"Kami ingin meningkatkan jejaring dengan rumah sakit, klinik, dan fasilitas pelayanan kesehatan lain sekaligus memberdayakan seluruh SDM unit kerja untuk melakukan proyek peningkatan mutu," tandas dr. Alida.

“Unlocking Potential: Mastering Challenges, Seizing Opportunities” yang diikuti 50 peserta yang berasal dari fasilitas kesehatan pemeritah dan swasta dari Daerah istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Barat ini menghadirkan narasumber dari dalam maupun luar RS Mata "Dr. YAP". Hadir Dr. Firman, SE, MPH dengan materi berjudul "Implementasi Lean Management yang Efektif di Rumah Sakit: Top-Down, Bottom-Up, atau Co-Creative Role Modeling?". Selain membawakan materi, Dr. Firman pun mengisi sesi workshop bertema Lean Management. Narasumber berikutnya adalah Dr. dr. Ediansyah, MARS, MM. Direktur RS An-Nisa Tangerang ini membawakan materi "Strategi Manajemen Perubahan yang Efektif: Membangun Organisasi yang Adaptif."

Ketiga Direksi RS Mata "Dr. YAP" turut menjadi narasumber dalam seminar ini. Direktur Utama dr. Alida Lienawati, MKes, FISQua mempresentasikan "Pemimpin Lean: Peran Kunci dalam Kesuksesan Implementasi Lean Management". dr. Erin Arsianti, SpM(K), MSc, MPH yang sehari-hari adalah Direktur Pelayanan, Keperawatan, dan SDM hadir dengan materi "Manajemen Perubahan dalam Menerapkan Praktik Terbaik Keselamatan Pasien." Direktur Keuangan, Sistem Informasi, dan Umum Bapak Haryadi, SE, Akt, MAk, AAAIJ, CRBD membawakan "Manajemen Keuangan untuk Mendukung Inisiatif Lean: Mengatasi Fluktuasi dan Ketidakpastian."

(Humas RS Mata "Dr. YAP")

Follow Kami

Alamat Kami

Jl. Cik Di Tiro No.5 Yogyakarta 55223

Phone (Kantor) : (0274) 547448 - 562054

Emergency Call

(0274) 584 423

Hanya Untuk Pasien Gawat Darurat

Humas

Whatsapp : 0888 0281 1255

hukmas@yap.or.id

Pendaftaran Pasien dan Informasi

(0274) 544744 - 550380

Whatsapp : 0888 0281 1256


Pendaftaran Online dapat melalui :

Website  |  Android

#
#
#
#