#
  • #
    Emergency Call

    (0274) 584 423

  • #
    Phone

    (0274) 544744 - 550380

  • English

OFFICIAL WEBSITE

RS Mata
"Dr. YAP"

Home / Informasi / Berita

Berita

#

Admin

Badan Sosial Mardi Wuto Lantik Pengurus 2024 - 2027


Yogyakarta, 30 Januari 2024 - Ketua Umum Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo GBPH H. Prabukusumo, S.Psi melantik jajaran pengurus Badan Sosial Mardi Wuto masa bakti 2024–2027 yang diketuai oleh Drs. Edy Heri Suasana, M.Pd di Aula Gedung Operasi Lantai II Rumah Sakit Mata “Dr. YAP” pada Selasa, 30 Januari 2024.

 

Badan Sosial Mardi Wuto (BSMW) merupakan lembaga kesejahteraan sosial di bawah Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo yang memberdayakan penyandang disabilitas netra.

 

"Terima kasih kepada pengurus lama yang sudah berkegiatan bersama (Badan Sosial) Mardi Wuto selama ini. Selamat bekerja untuk pengurus baru," buka Gusti Prabu dalam sambutannya.

 

Gusti Prabu menitipkan badan sosial yang berdiri sejak 1926 ini kepada pengurus baru untuk bekerja keras dan bekerja cerdas memajukan BSMW. Tidak lupa, beliau mengingatkan roh badan sosial adalah untuk melayani dengan sukarela sehingga konsep "migunani tumraping liyan" atau "berguna bagi sesama" bisa terwujud.

 

Dalam sambutannya, Gusti Prabu menyoroti program beasiswa pendidikan agar dievaluasi kebermanfaatannya. Saat ini, BSMW memberikan beasiswa pendidikan bagi para penyandang disabilitas netra untuk melanjutkan pendidikan di jenjang S-1, S-2, hingga S-3. Beliau berharap, program tersebut mampu berdampak pada kesejahteraan penerima dan keluarganya.

 

"Saya harap BSMW bisa bekerjasama dengan Dinas Sosial DIY dan Kota Jogja untuk meningkatkan profesionalisme layanan pijat," sambung Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) DIY ini.

 

Sebagai badan sosial yang memberdayakan penyandang disabilitas netra, BSMW menaruh perhatian besar pada pengembangan skill pijat. Saat ini, BSMW telah menjalin kerja sama dengan berbagai salah satunya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam meningkatkan kemampuan pijat para tuna netra.

 

"Supaya punya sertfiikat yang bisa ditempel dan semacam ID card yang selalu dibawa. Meyankinkan pelanggan dan biar makin laris," tutup Gusti Prabu.

 

Dalam kesempatan ini turut hadir Kepala Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta Endang Patmintarsih, SH, M.Si. Ibu Endang menyambut baik penyegaran dalam tubuh BMSW dengan pelantikan pengurus baru.

 

"Kami sangat senang dan berharap BSMW lebih berkembang lagi," ungkap Ibu Endang.

 

Keberadaan para penyandang tuna netra, kata Ibu Endang, perlu diberdayakan dengan membekali mereka skill. Pijat merupakan pilihan yang paling populer bagi mereka. Saat ini, Dinas Sosial DIY telah memiliki Balai Rehabilitasi Terpadu Disabilitas (BRTPD) yang terletak di Pundong Bantul. Dinas Sosial mengajarkan teknik "pijat shiatsu" bagi para disabilitas netra.

 

Kehadiran BRTPD bertujuan untuk memberdayakan para penyandang disabilitas agar bisa mandiri. Kemampuan yang diajarkan di balai tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha. Tidak sedikit yang kemudian berhasil berwirausaha dan menjadi motivasi bagi sesama difabel. 

 

"Kami jadi makin semangat mendampingi para difabel seperti BSMW yang juga membantu para penyandang disabilitas netra di sini. Kami harap bisa bekerjasama," tutup Ibu Endang.

 

 

Keberadaan BSMW tidak dapat dipisahkan dari RS Mata “Dr. YAP”. Tiga tahun setelah menginisiasi lahirnya RS Mata “Dr. YAP”, yaitu pada 1926, Dr. Yap Hong Tjoen mendirikan Stichting Vorstenlandsch Blinden Instituut yang merupakan cikal bakal Balai Mardi Wuto atau kini BSMW.

 

Di Blinden Instituut Dr. Yap Hong Tjoen mengajarkan para tuna netra membuat berbagai kerajinan agar mereka berdaya. Hingga kini, BSMW masih aktif memberdayakan tuna netra dengan berbagai kemampuan seperti pijat, komputer, hingga kesenian.

(Humas RS Mata "Dr. YAP")

 

 

 

 

Follow Kami

Alamat Kami

Jl. Cik Di Tiro No.5 Yogyakarta 55223

Phone (Kantor) : (0274) 547448 - 562054

Emergency Call

(0274) 584 423

Hanya Untuk Pasien Gawat Darurat

Humas

Whatsapp : 0888 0281 1255

hukmas@yap.or.id

Pendaftaran Pasien dan Informasi

(0274) 544744 - 550380

Whatsapp : 0888 0281 1256


Pendaftaran Online dapat melalui :

Website  |  Android

#
#
#
#